Wiklan. Surabaya, September 2019.

Dua tahun belakangan, Wiklan melihat trend konsumsi kopi di Indonesia berkembang sangat pesat seiring dengan gaya hidup masyarakat. Kemunculan kedai kopi lokal bahkan terlihat sporadis, mulai dari yang tradisional ( warung kopi ) hingga yang modern ( coffee shop ). Tidak hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi, tapi juga menjadi wahana interaksi sosial dan tempat bekerja bagi sebagian orang.


Tidak hanya di kota besar, Wiklan menemukan kedai kopi kekinian tumbuh menjamur hingga pelosok. Menurut salah seorang pengusaha muda, Dion ( owner Namu Kopi Surabaya ) menurut pandangan umum semua kedai kopi di Indonesia dianggap sama dalam kategori coffee shop. Dari produk utama kopi sebetulnya kita bisa membedakan bentuk bisnis kedai kopi yang disesuaikan dengan konsep dan modal. Itu adalah berupa coffee shop, coffee house ataupun coffee to go.

Terus meningkatnya jumlah penikmat kopi di Indonesia tentu saja menjadi peluang bisnis yang baik. Bagi para calon pengusaha yang berminat, tidak hanya mengedepankan desain tempat yang instagramable dan penerapan teknologi dalam proses usaha saja yang perlu diperhatikan. Idealnya siapa saja yang ingin bergelut dengan bisnis minuman ini, perlu paham dan punya passion dalam soal kopi.