Wiklan.com, 18 November 2019.
Surabaya kini memiliki satu lagi destinasi wisata heritage, yaitu Kampung Lawang Seketeng. Bertepatan pada hari Pahlawan kemarin, kampung yang berdekatan dengan kawasan Ampel ini resmi menjadi kampung wisata sejarah. Jejak bangunan di kampung ini sebetulnya sudah ada lebih dari 100 tahun lalu, bahkan konon kampung ini telah hidup pada zaman Majapahit. Itu dibuktikan dengan temuan arkeologis berupa sumur Jobong, yang identik dengan sumur-sumur serupa yang ditemukan di situs kerajaan Majapahit di Trowulan. Seperti diketahui, Surabaya memang menjadi pelabuhan utama kerajaan Majapahit pada saat itu.



Selain banyak bangunan lawas yang berbau zaman kolonial, kampung Lawang Seketeng lekat dengan sejarah perjuangan. Di sini menjadi tempat lahir dan bermain masa kecil pahlawan bangsa Soekarno. Ada langgar Dukur (1893) yang menjadi tempat mengaji bocah yang kelak menjadi presiden RI pertama tersebut.


Tentu sejak dicanangkan sebagai kampung wisata heritage, warga yang menjadi penduduk asli di sana masih harus terus berbenah. Mengingat mengelola sebuah kawasan tujuan wisata seperti kampung perlu keberlanjutan.

Ini seperti yang telah dilakukan warga dan pihak terkait pada Kampung Heritage Kayu Tangan, Malang. Yang sejak beberapa tahun lalu rajin mengelola destinasinya dan menggelar event terkait wisata.