Dunia sepak bola kembali berduka. Rabu 25 November 2020, Diego Armando Maradona, pesepak bola legendaris asal Argentina dinyatakan meninggal dunia karena serangan jantung. Bagi banyak insan sepak bola dunia Maradona merupakan idola besar, bahkan di negara asalnya Argentina, banyak yang menyebutnya Dewa.
Semasa berkarier di lapangan hijau Maradona mendapatkan berbagai macam penghargaan, baik penghargaan individu maupun tim. Capaian terbaiknya mungkin adalah ketika Maradona mengantarkan Tim Nasional negaranya menjuarai gelaran piala dunia 1986 yang dihelat di Mexico. Selain menjuarai turnamen paling bergengsi antar negara ini, pada momen ini juga terjadi hal unik yang membuat Maradona akan diingat selamanya, yaitu "God Hand Goal". Momen ini terjadi ketika pertandingan Argentina melawan tim kuat Inggri, kala itu Maradona yang sedang memburu bola lepas hasil halauan yang kurang sempurna dari bek Inggris berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Inggris, Maradona dengan cerdik menyentuh bola dengan tangannya ketika melompat berduel dengan kiper Inggris dan membuat bola bergulir menjadi gol.
Selain fenomenal di level negara, karier Maradona di level klub juga cukup mentereng. Selama karier dia pernah memperkuat beberapa klub besar di beberapa kompetisi. Dimulai dari Boca Juniors, lalu pindah ke raksasa Spanyol Barcelona, lalu menjadi Raja di Napoli. Napoli yang sebelum kedatangan Maradona merupakan klub yang sulit bersaing dengan tim papan atas Itali, dibawanya menjadi Kampiun di beberapa kompetisi bergengsi di Itali maupun Eropa.
Kini sang legenda telah tiada, namun legacy-nya di dunia persepakbolaan akan selalu dikenang. Ad10s el Pibe de Oro, the greatest Diego Armando Maradona.